Ketika berinteraksi atau berkomunikasi dengan dunia maya
memang tidak ada batasan ruang dan waktu. Meskipun demikian, sebaiknya juga
harus diperhatikan bagaimana etika yang baik. Dalam beretika ada beberapa teori
yang melandasinya, terori yang melandasi beretika tersebut antara lain :
a. Utilitarisme
Utilis berarti ”bermanfaat”. Menurut teori ini suatu
perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut
bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat secara keseluruhan.
b. Deontolog
Istilah ”deontologi” ini berasal dari kata Yunani deon yang
berarti kewajiban. Perbuatan tidak pernah menjadi baik karena hasilnya baik,
melainkan hanya karena wajib dilakukan. Perbuatan tidak dihalalkan karena
tujuannya. Tujuan yang baik tidak menjadikan perbuatan itu baik. Kita tidak
pernah boleh melakukan sesuatu yang jahat supaya dihasilkan sesuatu yang baik.
c. Teori Hak
Sebenarnya teori hak merupakan suatu aspek dari teori
deontologi, karena hak berkaitan dengan kewajiban.
d. Teori Keutamaan
Teori ini adalah teori keutamaan (virtue) yang memandang
sikap atau akhlak seseorang. Tidak ditanyakan apakah suatu perbuatan tertentu
adil, atau jujur, atau murah hati, melainkan: apakah orang itu bersikap adil,
jujur, murah hati, dan sebagainya. Velasquez (2005),
Etika juga memiliki pengertian arti yang berbeda-beda jika
dilihat dari sudut pandang pengguna yang berbeda dari istilah itu. Bagi ahli
falsafah, etika adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas. Moralitas
adalah ha-hal yang menyangkut moral, dan moral adalah sistem tentang motivasi,
perilaku dan perbuatan manusia yang dianggap baik atau buruk.
Bagi sosiolog, etika adalah adat, kebiasaan dan perilaku
orang-orang dari lingkungan budaya tertentu. Bagi praktisi profesional termasuk
dokter dan tenaga kesehatan lainnya etika berarti kewajiban dan tanggung jawab
memenuhi harapan profesi dan masyarakat, serta bertindak dengan cara-cara yang
profesional,
Bagi eksekutif puncak rumah sakit, etika seharusnya berarti
kewajiban dan tanggung jawab khusus terhadap pasien dan klien lain, terhadap
organisasi dan staff, terhadap diri sendiri dan profesi, terhadap pemrintah dan
pada tingkat akhir walaupun tidak langsung terhadap masyarakat.
Bagi asosiasi profesi, etika adalah kesepakatan bersama dan
pedoman untuk diterapkan dan dipatuhi semua anggota asosiasi tentang apa yang
dinilai baik dan buruk dalam pelaksanaan dan pelayanan profesi itu.
Hubungan Etika dengan
Dunia Maya
Etika di Internet dikenal dengan istilah Netiquette
(Network Etiquette), yaitu semacam tatakrama dalam menggunakan Internet. Etika
, lebih erat kaitannya dengan kepribadian masing-masing. Jadi tak semua
pengguna Internet mentaati aturan tersebut. Namun ada baiknya jika kita
mengetahui dan menerapkannya. Dibawah ini ada beberapa etika yang dapat
diterapkan antara lain:
a. Kesan Pertama di Tangan Anda
Di dunia nyata, orang seringkali menilai seseorang dari
penampilan, sebelum mengetahui perangai yang sebenarnya. Oleh karena itu,
banyak yang mengutamakan penampilan untuk mendapatkan kesan terbaik.
Tangan Anda akan menghasilkan tulisan yang memberikan kesan
pada orang lain. Tulisan yang ringkas, jelas, tetapi menggunakan tata bahasa
yang benar akan lebih dihargai daripada tulisan yang asal ketik. Di Internet,
editor tulisan Anda adalah Anda sendiri. Pengetahuan dasar tata bahasa akan
menjadi modal Anda ketika ber-internet.
b. Hindari Penggunaan Huruf Kapital
Menggunakan huruf kapital (uppercase) tidak dilarang.
Tetapi jika berlebihan, misalnya sampai satu alinea, apalagi diimbuhi dengan
tanda seru, orang akan malas membacanya. Huruf kapital juga seringkali
dianalogikan pada suasana orang yang sedang emosi, marah, atau
berteriak-teriak. Jadi, gunakan huruf kapital hanya untuk penegasan pada kata
tersebut.
c. Memberi Judul dengan Jelas
Ketika mengirim sebuah email, Anda harus memberikan judul
pada email tersebut. Seperti halnya tulisan pada koran atau majalah, judul
harus menggambarkan isi tulisan. Judul inilah yang pertama kali dilihat oleh
penerima email. Judul seperti “Mau Bertanya”, “Tanggapan”, dan sebagainya,
cenderung diabaikan karena tidak spesifisik.
d. Menggunakan BCC daripada CC pada Email
Alamat email adalah bagian privasi seseorang. Beberapa
orang mungkin kurang suka jika alamat email-nya disebarkan kepada umum.
Mengirim email ke banyak alamat menggunakan CC memungkinkan penerima mengetahui
setiap alamat email yang kita kirim. Oleh karena itu, sebaiknya kita
menggunakan BCC jika mengirimkan email secara masal.
e. Membalas Email dengan Cepat
Idealnya membalas email paling lambat 24 jam setelah email
itu diterima. Jika belum sempat membalas, beritahu pengirim bahwa kita akan
membalasnya di kemudian hari.
f. Membaca Dulu, Baru Bertanya
Ada kalanya kita ikut bergambung pada sebuah forum diskusi
di internet yang membahas salah satu bidang ilmu. Setiap pertanyaan dan jawaban
pada forum selalu diarsipkan untuk dibaca kembali oleh anggota forum. Usahakan
agar kita membaca dulu apa yang sudah dibahas pada forum tersebut sebelum
bertanya.
g. Tidak Mengirim File yang Terlalu Besar
Kecepatan untuk akses Internet berbeda-beda. Oleh karena
itu, pertimbangkan juga jika akan mengirimkan file. File dengan ukuran lebih
dari 5 MB akan memperlambat proses download. Gunakan program kompresi file jika
diperlukan.
h. Menggunakan Kutipan
Di Internet, kutipan diperlukan bila kita membalas suatu
email atau memberi tanggapan pada milis. Contohnya:
Balasan tanpa kutipan:
Ya, saya akan datang.
Balasan dengan kutipan:
> Saya mengundangmu datang ke Bandung minggu ini.
Ya, saya akan datang.
i. Tidak Hanya Copy-Paste
Internet memungkinkan siapapun untuk mengambil konten
dengan mudah dan cepat. Konten yang kita ambil tersebut, misalnya sebuah
artikel, tentunya hasil jerih payah orang lain ketika menulisnya. Catatlah nama
penulis serta URL tempat tulisan tersebut, dan cantumkan ketika kita
menggunakannya sebagai referensi.
j. Kembali pada Diri Sendiri
Perilaku kita berinternet memang tak akan ada yang
memantau. Di ruangan tanpa tatap muka, siapapun bisa berbuat berdasarkan
kehendaknya. Seringkali kita menemukan informasi palsu, kata-kata tak senonoh,
dan perilaku lainnya yang kurang pantas secara etika.
Di Internet juga terdiri dari kumpulan pengguna Internet
yang entah ada di mana, berapa umurnya, bagaimana wataknya, dan sebagainya.
Menghadapi dunia macam ini, semestinya kita berlapang dada. Ada baiknya juga
bertanya pada diri sendiri, kita ingin diperlakukan seperti apa dan apa yang
kita lakukan kepada orang lain.
Berikut ini adalah pelajaran-pelajaran penting yang dapat
diterapkan, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi di dunia maya,
antaralain:
Kita cuma bertegur sapa dalam tulisan,
bukan fisikal.
Bertindak sopan itu selalu lebih baik
Mengikuti adat istadat setempat.
Demikian, agar dapat menjadi acuan kita dalam berdiskusi di
Dunia Maya.
Istilah
internet
- about = ihwal, perihal, mengenai, tentang
- account = akun
- admin = administrator
- attachment = lampiran
- bandwidth = lebar pita
- bookmarks = tandai, beri markah, markah buku
- broadband = pita lebar, jalur lebar
- browser = peramban, penjelajah
- bulletin board = papan buletin
- captcha = pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis
- carbon copy/cc (e-mail) = tembusan
- chat = obrol, obrolan, rumpi
- crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
- collission = tabrakan data
- connection = sambungan
- copy = salin, kopi, ganda
- cut = potong
- cyberspace = dunia maya
- database = pangkalan data, basis data
- delete/del = hapus
- device = perangkat
- domain = ranah
- download = unduh, ambil data, muat turun
- edit = sunting, ubah
- e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos
elektronik), surat digital
- forward/fwd (e-mail) = terusan
- hacker = peretas, pemodifikasi data, perusak sistem
- home = beranda
- homepage = laman
- hosting = hosting
- interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan sinyal nirkabel)
- install = instalasi, pasang
- interface = antarmuka
- keyword = kata kunci
- lag = lambat
- link = taut, kait, pautan, pranala
- load = muat
- login / log on = log masuk, masuk log, lihat sign in
- logout / log off = log keluar, keluar log, lihat sign out
- network = jaringan
- newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
- mailing list = milis, senarai, forum ratel
- network = jaringan
- networking = jejaring
- offline = luring (luar jaringan), tidak terhubung, terputus
- online = daring (dalam jaringan), terhubung, tersambung
- passphrase = frasa sandi, kalimat sandi
- password = kata sandi
- paste = tempel, rekatkan
- preview = pratayang, pratonton, pratilik
- internet service provider = penyelenggara jasa internet
- save = simpan
- scan = pindai
- setting = pengaturan
- server = peladen
- share / sharing = berbagi
- sign in / sign on = catat masuk, lihat login
- sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
- site = situs
- surfing = berselancar, selancar maya
- update = pemutakhiran, pembaruan
- upload = unggah, muat naik
- user = pengguna
- username = nama pengguna
- virtual reality = realitas maya
- webpage = halaman web
- website = situs web
- wireless = nirkabel
0 komentar:
Posting Komentar